BREAKING

Selasa, 30 September 2014

Patuanan ??? Arah menuju Kampung Halaman

Dalam tulisa-tulisan sebelumnya, kita telah menyusuri sejarah desa Patuanan dan hal-hal yang berkaitan dengan desa Patuanan. Dengan sajian aksara yang disuguhkan ke public, setidaknya author bisa memperkenalkan kampung halamannya. 
Patuanan ???  Arah menuju Kampung Halaman

Dalam kesempatan kali ini saya akan mengajak sedulur sedaya untuk berpetualang menuju desa patuanan via dunia maya, Desa Patuanan merupakan sebuah dusun yang termasuk kedalam kecamatan Leuwimunding dan Majalengka sebagai Kabupatennya.

Desa Patuanan berbatasan wilayah dengan desa ; Karangasem di sebelah utara, Desa Sindanghaji di sebelah selatan, Desa Tanjung Sari di sebelah timur dan Desa Palasah di sebelah barat. Jarak dari ibu kota Jakarta menuju kampung halaman sekitar 4-5 jam lamanya. Leuwimunding, Rajagaluh, Prapatan Panjalin menjadi patokan atau acuan untuk menuju desa Patuanan.

#Prapatan Panjalin : Perempatan jalan Panjalin menjadi patokan pertama untuk menyusuri desa Patuanan, dari arah cirebon menuju Bandung berbelok kearah kiri dari perempatan jalan di panjalin menjadi pilihan (harus) agar sampai ketujuan, apabila dari arah sebaliknya diwajibkan untuk berbelok kearah kanan dari perempatan [sekedar mengingatkan] :)

Di prapatan panjalin kendaraan alternatif siap mengantar tour sampean ke desa patuanan, mulai dari Mobil Mikro (elp), angkutan desa, tukang ojek dan tukang becak available selama 24 jam. Apabila sampean sudah melihat tugu menjulang di area leuwimunding maka berhentilah, kemudian panjenengan berbelok kearah kanan mengikuti arah rambu lalu lintas yang ada.

#Leuwimunding : Leuwimunding adalah Kecamatan dari Desa Patuanan, dari sini perjalanan sampean di lanjutkan, Pasar Tradisional Leuwimunding menjadi destinasi untuk membeli buah tangan, seperti opak, rengginang, kukusan yang bisa ditengteng untuk dibawa pulang. 

Yuk, lanjutkan perjalan kita dari bundaran tugu leuwimunding menuju ke arah barat. Desa Ciparay, Desa Karangasem secara berurutan dilewati kemudian dipertigaan karangasem sampean berbelok ke arah kiri. Kemudian Lurus saja kedepan secara perlahan sampai tiba di tapal perbatasan karangasem-desa Patuanan. (Rumah Bapak Omo-Heleran). "Selamat Datang di Desa Patuanan".

#Rajagaluh : Pasar Rajagaluh merupakan salah satu pasar tradisional yang ada di Kabupaten Majalengka, Hasil pertanian warga sekitar dijajakan disini. Pasar Rajagaluh selain berfungsi sebagai pasar tradisional juga dijadikan sebagai terminal / tempat kendaraan umum mencari penumpang. 

Dari Pertigaan Rajagaluh arah Cirebon uncle dan aunty belok kearah kiri, apabila menuju arah Majalengka berarti berbelok kearah kanan, untuk menuju ke Patuanan. Ada beberapa jalan alternatif yang bisa ditempuh untuk menjelajahi kampung tua-tua ini, bisa dengan cara menyusuri jalan pesawahan, yang tidak rata, bergelombang tapi disuguhi oleh udara yang sejuk dan view (pemandangan) yang mampu menyegarkan mata. Tapi author Recommended 2 Saja.

Ada 2 Jalan alternatif menuju patuanan setelah melewati desa Lame, bisa via Nanggerang / Leuwikujang ; Dari  pangkalan ojek Nanggerang tinggal lurus saja melwati jalan pesawahan dan lapangan sepak bola nanggerang setelah itu belok ke arah kiri. Apabila panjenengan memilih dari Jalur Luwikujang, dari Pangkalan ojek Leuwikujang lurus saja kedapan menyusuri jalan bergelombang, SMP Negeri 2 Leuwimunding (disini author menimba ilmu) dilalui dan beberapi desa akan sampean lewati diantaranya ; Desa Heuluet dan Desa Tanjungsari kemudian sampailah diperbatasan Desa Tanjungsari-Patuanan. 
Patuanan ???  Arah menuju Kampung Halaman

Itulah sekilas panduan perjalanan to all my beloved friend untuk sampai di kampung halaman, Desa Patuanan. Please, jangan bilang gak tau / beli weruh / teu terang / tak tau / i don't know atau kata sejenisnya, tentang desa Patuanan. Setelah membaca tulisan ini. coz sakitnya tuh disini :( tau gak sih !

Terus, apa alasan sampean sehingga tertarik berkunjung ke desa Patuanan ? Nanti kita ulas di episode yang akan datang, So don't go anywhere, stay tuned the one and only @blog ciamik desa Patuanan. Wassalam


Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

About ""

Maturnuwun sudah berkunjung di Blog Desa Patuanan, Silahkan barang kali ada yang ingin sedulur disampaikan (Poskan komentar > tinggalkan komentar > publikasikan) dan Ikuti (G+) Man Behind The Blog. Mksh.
Comments
0 Comments
 
Copyright © 2014 Desa Patuanan
Design by FBTemplates | BTT