BREAKING

Jumat, 22 Agustus 2014

Siapkah Mental Desa Menerima Dana 1,4 Miliar ?

Nuansa pagi hari yang sueger bener ya pamiarsa, pada Jum'at pagi ini saya akan menghidangkan seporsi informasi tentang kucuran dana untuk desa, kira-kira desa Patuanan olih pira ya? silahkan dicicipi selagi hangat...tafadhol...

Desa Patuanan
Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa pada tanggal 18 Desember 2013 telah di syahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), di dalam Undang-undang tersebut terdapat kewajiban bagi Pemerintah untuk mengalokasikan 10 persen anggaran di luar dana transfer daerah.

Apabila disebar ke 72.000an desa di Indonesia, maka tiap-tiap desa akan mendapatkan maksimal 1,4 Miliar saya ulangi Satu Koma Empat Miliar wa !!! akan tetapi  pada penerapan awalnya pemerintah hanya akan menganggarkan Rp 9,1 Triliun untuk dana desa. Padahal dengan RAPBN menembus sampai dengan angka Rp. 640  T, semestinya dana desa bisa mencapai 64 triliun.

Menteri dalam Negeri Mas Gamawan Fauzi beralasan, beliau menilai lantaran belum ada kesiapan sumber daya manusia. Untuk penerapan perdana pemerintah akan lebih fokus untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan ke petugas desa dalam mengelola dana desa yang ditargetkan bisa sampai Rp. 1,4 miliar per desa.

Beliau mengatakan "Sebenarnya pemerintah mencermati kekhawatiran berbagai pihak. kan ada yang mengatakan digelontorkan langsung, tidak disiapkan sistemnya, tidak dilatih dulu orangnya, dikhawatirkan banyak pula yang masuk penjara" Sumber Kompas.com (20/8)

Oleh sebab itu, sebagai tahap awal pemerintah mengeluarkan dana hanya sekitar Rp. 400 Juta per desa dalam RAPBN 2015. Konon katanya desa Patuanan akan menerima kucuran dana minimal 200 Juta pertahun . Bapak Gamawan Fauzi (Mendagri) juga mengingatkan agar dana tersebut TIDAK dipotong oleh pemerintah daerah. Beliau juga mengatakan apabila pemerintah menilai bahwa desa sudah siap menerima dana desa secara penuh pada tahun kedua, maka hal tersebut juga bisa dilakukan.

Pertanyaannya adalah siapkah Mental Desa Patuanan Mengelola Dana Sebegitu Besarnya dengan Human Resources yang ada? Insya Allah...

Baca Juga : Al Jumu'ah Resep Sukses, Habitual Gratitude, Diaspora Patuanan

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

About ""

Maturnuwun sudah berkunjung di Blog Desa Patuanan, Silahkan barang kali ada yang ingin sedulur disampaikan (Poskan komentar > tinggalkan komentar > publikasikan) dan Ikuti (G+) Man Behind The Blog. Mksh.
Comments
0 Comments
 
Copyright © 2014 Desa Patuanan
Design by FBTemplates | BTT