BREAKING

Senin, 05 Januari 2015

Mendesign Program Desa tentang Digital Society

Dengan tujuan untuk mengangkat martabat desa sebagai subjek pembangunan rasanya ide untuk mensketsa program desa tentang Desa Online ataupun Desa Digital perlu diangkat lagi kepermukaan. Rasanya tahun 2015 bisa menjadi momentum perubahan bagi resolusi desa Patuanan untuk berevolusi menjadi Desa multi media. Mimpi sebuah desa [patuanan] berbasis multi media "Digital World to Heaven"
Mendesign Program Desa tentang Digital Society
Diluar sana cerita heroik tentang semangat perubahan untuk memberikan pelayanan dan menyajikan informasi desa secara online sudah tumbuh subur sebagai obat penawar cost birokrasi. Dengan laman tersebut, pemerintahan desa dituntut untuk menerapkan pemerintahan yang transparan dan akuntable, dengan mempublikasikan segala kebijakan. Di era sistem tekhnologi komunikasi pada saat ini, semua kalangan difardu 'ainkan untuk bisa memanfaatkan tekhnologi untuk memudahkan tugas-tugas dan urusan administrasi pemerintahan desa.

Dengan sistem komputerisasi, administrasi desa bisa ditata kelola dengan baik. Serta memudahkan perangkat desa perihal pelayanan kepada warganya. Warga desa Patuanan sebenarnya sudah cukup melek akan tekhnologi, baik yang stay (tinggal) di desa maupun yang menjadi seorang diaspora (perantau). Jadi ketika pemerintahan desa memberikan sarana, masyarakat tinggal mengaksesnya saja.

Blog yang sampean baca ini, juga merupakan sebuah perwujudan dari rasa peduli untuk turut serta membangun desa, mempromosikan desa dan menyajikan informasi tentang Desa Patuanan. Walaupun jujur harus saya akui blog simplicity ini masih banyak kekurangan. Blogger patuanan yang rada ngerti tekhnologi mulai menampakan diri dengan karyanya ; patuanan.blogspot.com, patuanandjanurwenda.blogspot.com etc dan pelakon aktivis media sosial yang bertemakan patuanan, pernata kusuma ataupun djanur wenda wis pirang-pirang pating blatak beli kejagan.
Mendesign Program Desa tentang Digital Society
Tinggal bagaimana pemerintahan desa mengelola dan memberdayakan Digital Society warga Desa Patuanan,
dengan membuat akun resmi dimedia sosial ataupun membuat website resmi desa patuanan. Informasi desa tinggal di share (dibagikan) kesetiap warga desa patauanan. Dengan human resorces yang diarsiteki oleh kaum intelektual dan amanah seperti Lebe Hasan dkk. Insya Allah, saya percaya desa patuanan bisa menjadi desa berbasis multi media yang melek akan tekhnologi informasi.

Dalam sebuah kesempatan  sebelum acara maulid nabi, ketika bapak kuwu uha suhadi bertandang ke Indah Aqua, penulis sempat berdiskusi tentang Desa online. Beliau menyambut gembira perihal kabar tersebut konon katanya para pamongnya juga sudah siap dan sudah mengajukan tools-nya. Dalam kalimat penutup pertemuan penulis berbisik penuh harap ke kades yang selalu tampil rapih ini "syukur-syukur ning desa ana hotspot area ya pak kuwu, kan canggih kuh, he he"

Semoga Mimpi sebuah desa [patuanan] berbasis multi media "Digital World to Heaven" segera bisa menjadi kenyataan, dengan sumber daya masyarakat yang ada. Insya Allah, Patuanan Bisa !!!

Baca Juga :
Referensi untuk User Provider Telekomunikasi di Desa Patuanan
Insprasi Resolusi dengan Sentuhan Tekhnologi
Menyulap Botol Plastik menjadi Lampu Tenaga Surya untuk Desa
Berjuang Hingga Usia Senja "Episode mak edoh from Patuanan"
Diapora wong Patuanan (kisah anak manusia mencari kehidupan yang lebih baik)

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

About ""

Maturnuwun sudah berkunjung di Blog Desa Patuanan, Silahkan barang kali ada yang ingin sedulur disampaikan (Poskan komentar > tinggalkan komentar > publikasikan) dan Ikuti (G+) Man Behind The Blog. Mksh.
Comments
0 Comments
 
Copyright © 2014 Desa Patuanan
Design by FBTemplates | BTT