BREAKING

Jumat, 24 Oktober 2014

Wong Patuanan Ngucapaken "Happy Islamic New Years 1436 H"

Waktu adalah struktur dasar dari alam semesta, sebuah dimensi dimana sebuah peristiwa  terjadi secara berurutan, Mungkin jalan yang sedulur lalui sudah beribu kali dilewati, dari jalan dukuh duwur hingga jorogan, dari cikopi sampai di kebon kani. Pemandangan dengan hamparan sawah, lading dan ilalang seolah menjadi saksi perjalanan kita dan waktu yang terus beranjak kemudian berlalu,,,


Hijrah-Happy Islamic New Years

Hari ini adalah hari terakhir perjalanan saya beserta istri diantara jalan raya leuwikujang hingga blok senin katimaha di tahun 1435 H, Rasanya baru kemarin kita menjemput tahun 1435 H bersama. Tak terasa waktu begitu cepat berlalu tahun baru Islam 1436 Hijriah menunggu didepan pintu. Esok hari dijalan ini perjalanan yang sama tapi di tahun yang berbeda dengan semangat hijrah (untuk kehidupan yang lebih baik) :)

Bedug Tahun baru Islam, 1 Muharram 1436 Hijriah segera ditabuh, do’a akhir & awal tahun segera di lantunkan, setiap musholapun makin terasa hidup dengan alunan dzikir serta shalawat yang tawadhu dan penuh kekhusuan. Melalui tulisan sederhana ini saya akan mengajak sedulur sedaya mengulik informasi About Islamic New Years (Tahun Baru Islam) ;


Islamic New Years adalah momen tepat bagi segenap kaum Muslim untuk muhasabah diri dan hijrah menuju kebaikan sebagaimana dicontohkan oleh suri tauladan kita Nabi Muhammad SAW. Muharram (محرّم) adalah bulan pertama tahun penanggalan Islam, Hijriyah. Ditetapkan pertama kali oleh Khalifah Umar Ibnu al-Khattab atas saran dari Imam Ali bin Abi Thalib.

Satu Muharram, yang tahun ini jatuh pada hari sabtu, 25 Oktober 2014, merupakan bulan pertama dalam kalender Islam yang menandai pergantian tahun Hijriah. Muharram berasal dari kata yang dalam Bahasa Indonesia artinya 'diharamkan' atau 'dipantang' yaitu dilarang melakukan peperangan atau pertumpahan darah. Makna tersebut menandakan bahwa bulan Muharram akan menjadi bulan yang damai bagi seluruh umat. Sepertihalnya Warga blok katimaha dan cikopi makin akur begitupun jua Aparat desa lan wargane makin mesra.

Momen tahun baru Islam merupakan sarana untuk memperkokoh ukhuwah Islamiah (persaudaraan) sehingga dapat menghindari perpecahan dan perbedaan pemahaman sesama umat Islam.  Kedatangan bulan Muharram juga menandai kebahagiaan bagi kaum dhuafa. Pada bulan ini umat Islam disunnahkan untuk memperbanyak sedekah dan menyantuni anak yatim.

Umat muslim juga disunahkan untuk berpuasa pada 1 Muharram sebagai bentuk pensucian diri menyambut tahun yang baru. Oleh karena itu, peringatan tahun baru Islam harus dijadikan momentum evaluasi diri dan menegakan kebenaran yang diawali dari diri sendiri.

Esensi dari spirit Muharam adalah pengendalian diri demi terciptanya kedamaian dan ketenteraman hidup, baik secara fisik, sosial, maupun spiritual. Karena itu, di bulan Muharam Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk berpuasa sunah: Asyura (puasa pada hari kesepuluh di bulan ini).

Sawah di Patuanan
Setiap memasuki tahun baru Islam, kaum Muslim hendaknya memiliki semangat baru untuk merancang dan melaksanakan hidup ini secara lebih baik. Sedulur pamiarsa sedaya dalam kalimat penutup saya menyampaikan "Happy Islamic New Years 1436 H".  

Baca Juga : Desa Patuanan, Fakta Unik, Biro Jodoh 

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

About ""

Maturnuwun sudah berkunjung di Blog Desa Patuanan, Silahkan barang kali ada yang ingin sedulur disampaikan (Poskan komentar > tinggalkan komentar > publikasikan) dan Ikuti (G+) Man Behind The Blog. Mksh.
Comments
2 Comments
Unknown mengatakan...

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1436 H

Unknown mengatakan...

Selamat tahun baru

 
Copyright © 2014 Desa Patuanan
Design by FBTemplates | BTT