BREAKING

Kamis, 15 Januari 2015

3 Pertanyaan untuk Job Seeker Patuanan

Pintu kebijakan Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) telah terbuka. Artinya kebijakan ini membuat perusahaan di sesama negara asean bisa dengan leluasa berbisnis di semua negara asean. Dan artinya juga bahwa karyawan ataupun pekerja dari negara asean bebas masuk mencaplok bursa kerja di tanah air beta.
3 Pertanyaan untuk Job Seeker Patuanan

Sore itu, ketika gerimis dan awan kelabu masih menggelayut di cakrawala. Seorang calon tenaga kerja profesional sedang bercermin, merapihkan dirinya. Ada rasa haru dan bangga pada diri saya. Karena yang sedang bersolek adalah adik saya Rahmat taufikur rohman alias opik alias debleng :) Dengan dandanan layaknya eksekutive muda, dengan amplop coklat diatas meja. Saya hanya bisa mendo'akan agar tekadnya terlaksana untuk menjadi tenaga propessional di ibu kota.

Hasrat untuk menaklukan kota metropolitan dari  seorang bocah dari desa terpancar jelas dari matanya. Akan tetapi hati ini berbisik rasa kehawatiran dan rasa  was was, karena saya tahu betul siapakah adik saya dan bagaimana sulitnya hidup di kota metropolis.

Bagi mayoritas pemuda desa Patuanan yang tak memiliki kemewahan ijazah dan gelar di belakang namanya. Rasanya teramat sulit untuk bisa bersaing dengan talent-talent diluar sana yang hendak berebut di posisi yang sama. Peluang makin menipis dan makin sulit lagi karena sodara kita dari negara asean juga ikut Hunting Job. Apakah seorang pribumi hanya bisa menjadi seorang buruh rendahan dan menjadi passanger seorang foreign di sebuah perusahaan? Duh gusti nu agung
3 Pertanyaan untuk Job Seeker Patuanan

Teruntuk adik saya dan sedulur pemuda desa yang hendak melamar di sebuah perusahaan, tolong jawab pertanyaan saya dengan jujur ya, sebelum sampean melangkahkan kakinya ke luar dari desa Patuanan untuk menjemput impian nya ;

1# Cung, Skill bahasa Inggrise kapriwen ? Daily language yang digunakan di kampung kita uplek dengan bahasa jawareh. Tapi dengan  zaman seperti ini di era globalisasi, kefasihan bahasa inggris menjadi tuntutan dan hukumnya fardu bagi setiap calon tenaga kerja yang ingin bersaing memperebutkan kursi empuk di perusahaan. Karena bahasa inggris merupakan bahasa komunikasi bisnis internasional, dudu bahasa patuanan ya cung !! camkan itu baik-baik he he

Saya kagum dan tertegun ketika ngobrol ngalor-ngidul dengan anak pesantrenan, bahasa inggrisnya cukup menunjang, bahasa arabnya oke, ngomongnya santun. wis ganteng soleh pisan :D .  ternyata beberapa pesantren sudah menerapkan daily language dengan menggunakan bahasa inggris dan arab. Insya Allah model kacung kasep berpeci ini bisa bersaing dengan sodaranya dari lokal maupun interlokal.

2# Cung, Skill Komputerisasine kapriwen ? Hari gini gak bisa komputer, apa kata dunia ! Saya yakin generasi masa kini, young gunners asli patuanan. bisa mengoperasikan komputer. Minimal ngerti ms office dan email. Sebab tak ada tempat bagi pribadi yang gaptek di sebuah perusahaan apalagi perusahaan multinasional.

Melihat fakta dan realita setelah clangak-clunguk di patuanan. Hampir 80% anak muda yang gaul itu sudah maenan gadget keren yang menyediakan fitur mentereng. Ketika zaman ang rudi maennya bebledogan, sanat, tokle dan sejenisnya bocah zaman sekarang sudah khatam memainkan angry bird. katika zaman ang yahya pacaran dengan metode susuratan bocah zaman sekarang sudah pandai BBMan untuk berkirim pesan.

Maenan smartphone saja bisa, mengoprasikan komputer juga insya Allah ya !!! demi kehidupan yang lebih baik ya cung. Belajar sebelum terlambat :)

3# Cung, Due Keahlian khusus apa ? Kacung kasep, kalo sudah menenteng amplop coklat dah ganteng ,wangi dan siap melamar pekerjaaan serta ikut bersaing.  Berarti sampean dah yakin dengan kompetensi yang dimiliki.

Andaikata sedulur ingin melamar di sebuah pabrik kendaraan berskala multinasional, berarti kudu sudah mengerti berbagai hal tentang luar dalam kendaraan, entah itu motor ataupun mobil. Minimal mengerti bagaimana caranya tune up kendaraan dan bongkar pasang komponen kendaraan.

Jika kacung kasep memilih kerja di bidang Human Resources Development (HRD). berati kudu punya skill human capital management. Apabila memilih pekerjaan sebagai marketing berarti kudu expert dalam bidang marketing, branding dan digital marketing strategy.

Baiklah, sekarang saatnya. Kembali bercermin dan jawab pertanyaan dari saya sejujur-jujurnya. Jika semua jawabannya, Ya ; Ya Skill bahasa inggris saya mumpuni, Ya saya mampu mengoprasikan komputer dengan baik dan Ya saya memiliki kemampuan khusus. Maka saya akan dengan senang hati melambaikan tangan seraya mengantarkan kepergian sampean dengan do'a dan senyuman.

Jikalau jawabannya masih ragu-ragu bahkan "saya tidak memiliki salah satu". Sebagai sedulur yang baik, saya hanya bisa mengingatkan. Kodikit tunggu dulu, jangan terburu-buru tapi upgrade terlebih dahulu komptensi sampean saat ini. Terus baca buku, terus baca blog desa patuanan ini dan kursus.

Insya allah sedulur anom bakalan pada sukses dan dapat ikut serta membangun desa Patuanan. Marilah kita tutup sajian aksara di hari kamis ini dengan memanjatkan do'a  kepada Sang Maha Pencipta  ; "Duh gusti Allah yang maha kaya lagi maha sayang, jangan jadikan kami menjadi tamu di negeri sendiri dan menjadi seorang buruh rendahan di negeri yang kami cintai ini. Aamiin"

Baca Juga :
Home Industri : Gurihnya Usaha Kerupuk di Desa Patuanan
Seni Membajak Sawah di Desa Patuanan
Nuansa Musim Panen di Desa Patuanan
Patuanan dalam Narasi dan Deskripsi
Habitual Gratitude Warga Desa Patuanan

#Foto : Search Engine Google

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

About ""

Maturnuwun sudah berkunjung di Blog Desa Patuanan, Silahkan barang kali ada yang ingin sedulur disampaikan (Poskan komentar > tinggalkan komentar > publikasikan) dan Ikuti (G+) Man Behind The Blog. Mksh.
Comments
0 Comments
 
Copyright © 2014 Desa Patuanan
Design by FBTemplates | BTT