BREAKING

Senin, 12 Januari 2015

E-Samsat Jabar Solusi Mudah Bayar Pajak Kendaraan

Welcome to Digital World, sebuah kalimat pembuka yang terdengar indah ditelinga. Dunia yang mampu menawarkan segala kemudahan. Ketika wong Patuanan dan masyarakat pada umumnya ingin menjadi warga negara yang baik untuk membayar pajak kendaraan. Ritual pembayaran pajak kendaraan, selalu akrab dengan dunia percaloan, birokrasi yang melelahkan dan antrian panjang yang meletihkan.
E-Samsat Jabar Solusi Mudah Bayar Pajak Kendaraan

Bagi masyarakat desa Patuanan, membayar pajak kendaraan adalah ritual fardu yang kudu dijalankan. selaku warga negara yang baik. Perjalanan yang cukup panjang untuk tiba di kabupaten sudah mampu untuk memeras tenaga dan menguras biaya. Bagi yang tak kuat iman dan tak sadar dengan kewajiban kalimat bernada kemengkelan biasanya tercetus dengan sendirinya "arep bayar be angel pisan, wis adoh, antri pisan, mending beli bayar bae sekalian

Hembusan angin perubahan perlahan menyapu paradigma tentang letihnya prosesi pembayaran pajak kendaraan. Kini pembayaran pajak kendaraan dipermudah dengan diluncurkannya sistem administrasi manunggal satu atap bersistem elektronik (e-samsat), sehingga pembayaran pajak kendaraan bermotor dapat dilakukan dengan menggunakan anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Bjb.

So, kapriwen carane ya wer ? kodikit :) Translite

Sambil nyomot wajik lan nyeruput teh anget. Mangga, baca tulisan legit ini dengan perlahan sampai ketepian kalimat. Pembayaran kendaraan bermotor dan pengesahan STNK tahunan via ATM Bank Bjb dapat dilakukan dengan cara :
E-Samsat Jabar Solusi Mudah Bayar Pajak Kendaraan

Pendaftaran dapat dilakukan melalui sms ke 0811-211-9211 dengan mengetik / registrasi No.Chasis, NIK KTP dan alamat email, caranya ketik esamsat (spasi) no chasis (spasi) no.ktp (spasi) email. Apabila data yang dimasukan benar, server sms gate way akan menjawab dengan memberikan kode bayar berupa 16 digit angka, misale : 9876543212345678.

Setelah mendapatkan kode bayar tersebut, sampean bisa mengunjungi atm bjb terdekat. Pertama menekan tombol Menu pembayaran dan kemudian menekan tombol menu pajak / retribusi provinsi jabar. Setelah itu tekan tombol menu  pajak kendaraan dan masukan kode bayar yang berjumlah 16 digit tersebut.

Pada screen atm bjb, akan muncul tampilan data-data kendaraan bermotor yang dimiliki wajib pajak termasuk jumlah nominal yang harus dibayar serta masa berlaku pajak kendaraan tersebut. Apabila sampean setuju dengan penetapan jumlah yang harus dibayar, maka aja isin-isin untuk menekan tombol menu YA. Setelah proses pembayaran rampung, Mesin ATM secara otomatis akan mengeluarkan struk bukti pembayaran untuk wajib pajak.

Bukti pembayaran tersebut berlaku sebagai bukti pengganti registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor pengesahan STNK tahunan. Sampean (wajib pajak) dapat melakukan penukaran atau pengesahan STNK diseluruh kantor bersama samsat  dan sentra layanan samsat se jawa barat.

Sebagai Cyber Province, Jawa Barat. telah meringankan beban anggaran birokrasi. Wong Patuanan kudu syukuran sudah menjadi bagian dari Kabupaten Majalengka dan berprovinsikan Jawa Barat. Secangkir teh anget dan sepiring wajik sudah menjadi kenangan, yuk saatnya kita kembali berkarya. Wassalam

Baca Juga :
Belajar Jurus memperbaiki Lampu Hemat Energi
Mengenal Tradisi Warga Desa Patuanan di Rebo Wekasan
Menyulap Botol Plastik Menjadi Lampu Tenaga Surya Untuk Desa
Seni membajak Sawah di Desa Patuanan
Budaya Poskamling dan Ronda Tradisi yang harus Dijaga

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

About ""

Maturnuwun sudah berkunjung di Blog Desa Patuanan, Silahkan barang kali ada yang ingin sedulur disampaikan (Poskan komentar > tinggalkan komentar > publikasikan) dan Ikuti (G+) Man Behind The Blog. Mksh.
Comments
0 Comments
 
Copyright © 2014 Desa Patuanan
Design by FBTemplates | BTT