BREAKING

Sabtu, 18 Oktober 2014

Let Me Introduce, Desa Patuanan (Central Java From Majalengka)

Patuanan satu nama desa dengan segudang cerita, terlahir dari nama bersejarah yaitu tua-tua patuanan  berusaha memperkenalkan diri pada dunia dengan people power yang dimilikinya.   Saya yakin diluar sana masih banyak yang tidak mengetahui dusun yang dikepalai Bapak Uha Suhadi ini, yang jauh dari hingar bingar, modernisasi dan kegelamoran khas perkotaan. So, Do u know Desa Patuanan ?

Introduce, Desa Patuanan
Melalui gerakan pemuda patuanan bersampan karang taruna Djanur Wenda yang dinahkodai oleh kang Nanang Abdulhanan dan kawan-kawan, gaung desa patuanan mulai terdengar hingga Provinsi. Dinas Sosial Jawa Barat memanggil mereka atas prestasi yang telah diraih.

Obrolan ringan di sebuah acara pernikahan sambil di temani secangkir kopi dan rengginang kang nanang bercerita “Sangatlah istimewa, untuk sekelas wong ndeso di undang oleh Dinsos Jawa Barat dan menginap di hotel berbintang” Kang Nanang mengenang dengan penuh kebanggaan.

Beragam kegiatan dikemas dengan rancak sedemikian rupa dan telah sukses diarungi karang taruna Djanur wenda,  mulai dari perlombaan agama, penghijaun sepanjang jalan desa, Festival Band khas anak muda, Turnamen sepak bola antar blok (porblok) dan lain sebagainya.  Inilah wajah pemuda Patuanan sesungguhnya mereka memiliki etos kemandirian, spirit untuk belajar dan belajar hingga menghasilkan karya-karya yang tak elok rasanya andaikata dipandang sebelah mata.

Haturnuhun atas pengabdian for our village ya ! standing ovation for karang taruna Djanur wenda. Sejenak kita lambaikan tangan untuk kisah heroik Djanur wenda, mari kita lanjutkan episode “proud” selanjutnya….

Desa Patuanan mendapatkan gelontoran dana bantuan langsung masyarakat melalui LKM dan diteruskan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). KSM Katimaha yang dikomandani Jaja Suteja berhasil menambah koleksi prestasi melalui bangunan jalan menuju sumur bewok (blok senin-katimaha), project tersebut pernah dijadikan bangunan terbaik untuk mewakili Majalengka. Atas prestasi tersebut LKM Pernatakusuma menjadi Juara Pertama tim 6 (Kecamatan Leuwimuding).

Kucuran dana dari PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) disambut gembira oleh warga, amanah tersebut dijalani dengan penuh suka cita, melalui tangan-tangan relawan jalan-jalan disetiap sudut blok nampak indah dipandang mata, saluran irigasi begitu apik dan tertata dan sarana penunjang kegiatan blok melengkapi itu semua.

desapatuanan.blogspot.com
Proses untuk menjadi desa yang dikenal akan prsetasinya memanglah tidaklah mudah, Dibutuhkan energy, nafas yang panjang dan juga kreativitas yang jempolan, Acungan jempol layak diberikan kepada setiap insan yang senantiasa berusaha memajukan desanya. Tak terasa Matahari sudah mulai naik kurang lebih tujuh hasta izinkan saya undur diri ya pamiarsa, sebagai kalimat penutup “Inilah Kampung Halaman Saya, Desa Patuanan  and I’m Proud” Wassalam. 

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

About ""

Maturnuwun sudah berkunjung di Blog Desa Patuanan, Silahkan barang kali ada yang ingin sedulur disampaikan (Poskan komentar > tinggalkan komentar > publikasikan) dan Ikuti (G+) Man Behind The Blog. Mksh.
Comments
0 Comments
 
Copyright © 2014 Desa Patuanan
Design by FBTemplates | BTT